10 Cara Mengatasi Bipolar Disorder Hingga Sembuh Total

Penyebab Lemah Mental Pada Anak Seringkali terjadi pada beberapa anak khususnya di masyarakat Indonesia. Jika ditanyakan faktornya ada beerbagai macam jawaban. Pertama, gen atau keturunan memungkinkan adanya abnormal pada individu. Sisanya bisa karena faktor hamil, lingkungan dan lainya.

Salah satunya adalah anda yang mengalami Bipolar Disorder, sejenis dengan Paranoid Personality Disorder. Berikut ini tips 10 cara mengatasi bipolar disorder yang bisa anda lakukan :

1. Kualitas Waktu Bersama Keluarga

Ketika seseorang mengalami hal yang dianggap sulit bagi seorang individu, maka keluarga akan menjadi lingkungan yang paling penting. Dimana Bipolar Disorder juga membutuhkan keluarga yang bisa mendukung dan juga hiburan. Terapi keluarga akan bisa membantu mengendalikan sikap dan sifat yang muncul dari Bipolar Disorder yang terlihat seperti bukan mereka. Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak memang penting. Namun bersama mereka dengan kasih sayang lebih penting.

2. Terapi Kognitif  Perilaku

Beberapa penderita memutuskan untuk melakukan terapi. Hal ini untuk membantu mengendalikan keadaan mereka ketika bipolar terjadi. Terapi ini memiliki target dan mengidentifikasi perasaan, pikiran, serta perilaku negatif. Selain itu mendorong perubahan perilaku dan membentuk kembali pikiran dan pola keyakinan Anda. Terapis akan membantu Anda mengenali pemicu episode bipolar dan cara menghadapinya.

3. Hindari Alkohol dan Narkoba

Narkoba dan alkohol seringkali menjadi barang yang paling sering dicari para Bipolar Disorder. Karena dua barang ini dianggap menjadi barang yang paling bisa menenangkan. Namun yang ada anda justru ketagihan, tidak bisa mengendalikan diri bahkan mengalami hal yang lebih menakutkan lagi. Bipolar dicampur alkohol yang membuat tidak sadarkan diri, tentu saja berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian karena bahaya.

4. Latihan Mengontrol Diri

Latihan mengontrol diri memang cukup sulit, namun jika anda bisa melakukan maka hal ini bisa membantu mengontrol bipolar anda. Salah satu bahaya dari bipolar yakni tingginya perubahan suasana hati yang membuat mereka merasa terpuruk sekali atau kebalikannya bahagia sekali. Sehingga, hal ini membuat mereka merasakan suasana yang membahayakan. Namun anda perlu ingat, jika suasana hati sedang ada di kutub maka anda harus langsung pergi ke psikiater atau keluarga atau orang yang bisa anda ajak bicara.

5. Mencatat Kegiatan Sehari-hari

Mencatat kegiatan sehari-hari akan membantu anda dalam mengontrol bipolar yang ada. Dalam banyak sekali kasus, menggunakan obat mungkin membantu beberapa kali namun tidak maksimal. Sehingga anda baiknya mencatat kalender atau buku catatan dengan ukuran yang kecil dan bisa dibawa kemanapun anda pergi.

6. Pola Tidur dan Pola Makan

Pertahankan pola tidur dan makan, terutama ketika anda memiliki jadwal yang padat atau ketika kutub yang mania dan depresi muncul. Segera beri tahu dokter dan pertahankan ritme agar anda bisa mengendalikan mania dan depresi anda. Selain karena berbahaya anda bisa mencegah sejak awal.

7. Konsultasi

Ketika anda melakukan konsultasi, Psikoterapis akan mendampingi pengidap gangguan bipolar agar bisa menemukan cara mengelola gejala-gejala mereka. Psikoterapi intensif dapat berupa terapi kognitif perilakuan (cognitive behavioural therapyatau CBT) seperti yang diulas sebelumnya.

Terapi keluarga, atau terapi ritme interpersonal dan sosial. Tak jarang bipolar juga mengalami Fobia Sosial. Pasien yang melakukan pengobatan didapati membaik lebih cepat dan sehat lebih lama jika mereka juga melakukan psikoterapi intensif. Jangan takut atau malu untuk melakukan konsultasi demi kebaikan.

8. Ikuti Komunitas

Jaringan pendukung sosial yang kuat dan lingkungan stres yang rendah serta sangat bisa membantu untuk mengelola perubahan episode yang cepat. Selain itu bisa disebut juga sebagai terapi interpersonal dan ritme sosial (IPSRT). Psikologi Sosial menjelaskan pentingnya lingkungan sosial.

Terapi ini juga berarti pengelolaan dan meningkatkan hubungan interpersonal serta kestabilan emosional. Kelompok dukungan bipolar juga tentu dapat membantu Anda agar tidak merasa sendirian dan Anda bisa belajar dari orang lain cara menangani dan mengelola gejala yang mereka rasakan. Terutama mereka yang memiliki kemajuan sangat baik, sehingga akan lebih baik untuk menyembuhkan diri bersama-sama kan.

9. Temukan orang yang menerima anda

Ketika anda bertemu orang yang tidak menerima anda maka akan sulit. Dimana banyak sekali orang yang merasa bahwa mereka menjadi lebih buruk karena teman atau keluarga yang diharapkan tidak menerima mereka. Baiknya untuk bisa hidup dengan baik cari orang yang mau menerima anda.

10. Obat Medis

Terakhir yakni obat medis yang menjadi solusi paling akhir. Dimana obat medis akan membuat anda kecanduan atau ketergantungan. Karena anda tidak mencoba mengatasi bipolar dengan alami.  Sebenarnya obat medis bisa membantu mengendalikan kutub yang muncul. Sayangnya obat medis tidak bisa membantu anda memperbaiki bipolar dengan baik dan juga memberikan efek samping. Bagusnya tentu anda tidak tergantung pada obat-obatan.

Demikian penjelasan terkait bagaimana cara mengatasi Bipolar Disorder secara efektif sejak dini agar jiwa dan kondisi psikis kembali normal.

Semoga Bermanfaat.