5 Tahap Kedukaan

Menurut Kubler Ross ada 5 tahap kedukaan :

  1. Penyangkalan (Denial)
  2. Kemarahan (Anger)
  3. Penawaran (Bargaining)
  4. Depresi (Depression)
  5. Penerimaan (Acceptance)

Ketika terjadi suatu peristiwa tak mengenakkan (misalnya musibah yang melanda seseorang). Biasanya pertama kali yang dilakukan adalah penyangkalan. Misalnya seseorang terserang penyakit Kanker stadium IV. Ia menyangkal bahwa ia terkena penyakit seganas itu. dalam penyangkalannya, ia mencari beberapa pembanding. Ia mengecek dirinya ke beberapa dokter. Dan…ternyata hasilnya sama.

Berikutnya setelah menerima kenyataan pahit bahwa ia terkena sakit Kanker, yang terjadi berikutnya adalah kemarahan. Ia marah kepada dirinya, kepada orang di sekitarnya, kepada lingkungannya. Kenapa penyakit seganas itu menimpa dirinya.

Dalam kemarahannya ia melakukan penawaran…”Andai dulu aku…”, “Andai dulu aku tak…, maka aku akan…”. Namun Penawaran tersebut tak kunjung membawa perubahan. Maka yang terjadi berikutnya adalah Depresi. Tingkat Depresi tergantung berapa berat beban hidup / kedukaan yang menimpanya. Bisa depresi ringan bahkan berat.

Namun pada akhirnya setelah sekian waktu, ia akhirnya menyerah dan Ridho atas apa yang telah menimpa dirinya.

Nah…jika Anda memahami proses ini, maka sesungguhnya kenapa tidak Anda bypass saja jalannya. Setiap ada kedukaan langsung bypass kepada menerima (Acceptance). Jadi waktu Anda tidak terbuang dengan percuma untuk melalui langkah 1 s/d 4.

Mari…ridho atas segala ketetapannya dan kembali bersemangat dengan penuh harapan (Hope).

003/RZR/I/2019